PENGETAHUAN LINGKUNGAN
PENGERTIAN IPTEK
Ilmu,
Pengetahuan, dan Teknologi (Iptek) merupakan istilah yang sering kita dengar dalam
kehidupan sehari-hari. Perkembangan masyarakat di segala bidang kehidupan tidak
terlepas dari keberadaan iptek. Secara umum ada anggapan bahwa penguasan dan
penerapan iptek akan memberikan jaminan pada kemajuan masyarakat. Memang masih
ada perdebatan mengenai fungsi dan peranan iptek dalam mensejahterakan
masyarakat ditinjau dari aspek ekonomi, sosial, budaya, dan aspek-aspek
kehidupan lainnya. Terlepas dari perdebatan tersebut, kita yang terlibat di
dunia pendidikan selalu berurusan dengan iptek. Proses pendidikan selalu
diorientasikan pada penguasaan iptek. Proses pendidikan dikatakan maju dan
berhasil jika kita bisa memberikan sumbangan terhadap perkembangan iptek.
Sebelum mengetahui bagaimana iptek tersebut bisa berkembang, kita perlu
memahami terlebih dahulu pengertian dasar dari iptek.
Pengetahuan,
ilmu, dan teknologi sebenarnya bisa digunakan secara terpisah tetapi kita
biasanya mengalami kesulitan untuk memisahkan pengertian ketiga istilah
tersebut secara tegas. Pengetahuan (knowledge) adalah segala sesuatu yang
ditangkap melalui pancaindera sehingga terbentuk persepsi dan konsepsi dalam
pikiran manusia. Jika pengetahuan tersebut disusun secara sistematis sehingga
membentuk jalinan hubungan diantara komponen-komponennya, maka pengetahuan
tersebut disebut pengetahuan ilmiah atau ilmu (science). Jadi ilmu merupakan
bagian dari pengetahuan tetapi pengetahuan belum tentu merupakan ilmu.
Teknologi (technology) merupakan istilah yang relatif populer dan banyak
dibicarakan dewasa ini. Kedua pengertian tersebut sering digunakan dalam satu
kesatuan sebagai ilmu dan teknologi (science and technology) yang tidak
terpisahkan. Memang masih menjadi bahan perdebatan dalam mengartikan kedua
istilah tersebut. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa kedua istilah tersebut
seperti kembaran yang sulit dibedakan batas-batas yang jelas diantara keduanya,
tetapi beberapa ilmuwan lain berpendapat bahwa kedua istilah tersebut masih
bisa dibedakan walaupun relatif sulit untuk dilakukan. Yang jelas kedua istilah
tersebut adalah terkait satu sama lain. Gie (1996) menjelaskan perbedaan dan
hubungan antara ilmu dan teknologi, seperti terlihat pada Tabel 1.
Tabel 1.
Perbedaan antara ilmu dan teknologi (Gie, 1996)
No
|
Segi
|
Ilmu
|
Pengetahuan
|
Menurut Kerangka Sistem
|
|||
1
|
Tujuan
|
Mencari Pengetahuan dan Memperoleh
Pengetahuan
|
Menciptakan Barang dan
Mengusahakan Perubahan
|
2
|
Hasil
|
Karya Tulis Ilmiah
|
Barang Teknologis
|
3
|
Lingkungan
|
Kubudayaan Umumnya dan Khususnya
Teknologi
|
Kubudayaan Umumnya dan Khususnya
Ilmu
|
4
|
Sumber
|
Pengetahuan yang ada
|
Berbagai Sumber Alam Manusia dan
Pengetahuan
|
5
|
Aktifitas
|
Penelitian
|
Pembuatan sampai Produksi
|
6
|
Kontrol
|
Berdasarkan Umpan Balik Peralatan
Keilmuan
|
Berdasarkan Umpan Balik Pengetahuan
Ilmiah
|
Diluar Kerangka Sistem
|
|||
7
|
Motivasi
|
Keingintahuan
Pengembangan Pengetahuan
|
Pemanfaatan
Pengembangan Produk Baru
|
8
|
Fokus
|
Pemahaman
Pengetahuan Dalam Budi
|
Penggunaan
Efektifitas Tindakan
|
9
|
Ideal
|
Kebenaran
|
Efisiensi
|
10
|
Ciri Keluasan
|
Supranasional
|
Terikat Keadaan Setempat
|
11
|
Status
|
Penyebarluasan Secara Terbuka
|
Pendaftaran Sebagai Hak paten
|
12
|
Komunikasi
|
Publikasi Karya Tulis
|
Pemberitahuan Iklan
|
Perbedaan-perbedaan
diatas menunjukkan bahwa ilmu dan teknologi merupakan dua hal yang berbeda
tetapi apakah kedua istilah tersebut saling berhubungan satu sama lain. Para
ahlipun masih berdebat mengenai bentuk hubungan tersebut. Secara umum, bentuk
hubungan yang mungkin terjadi antara teknologi dan ilmu disajikan pada Gambar
1, yaitu:
1. Teknologi
dan ilmu masing-masing berkembang dan mencapai kemajuan sendiri-sendiri tanpa
pengaruh penting atau dorongan utama dari pihak lainnya
2. Teknologi
merupakan pihak utama yang mendorong perkembangan ilmu atau membantu kemajuan
ilmu
3. Ilmu
merupakan pihak utama yang mendorong perkembangan teknologi atau membantu
kemajuan teknologi
4. Teknologi
dan ilmu mempunyai saling kaitan dan pengaruh timbal balik yang saling memacu
perkembangan dan kemajuan masing-masing
Satu
aspek yang digunakan dalam menjelaskan ilmu dan teknologi adalah aktifitas,
hasil dan komunikasi ilmu, yang menyebutkan bahwa aktifitas yang dilakukan
untuk menghasilkan ilmu adalah penelitian dengan hasil dalam bentuk karya tulis
ilmiah yang dikomunikasikan ke masyarakat melalui media publikasi ilmiah. Jadi
iptek bisa berkembang pesat, baik dalam hal penemuan, penyebarluasan, atau
penerapannya, karena didukung kegiatan penelitian atau melalui pembuatan dan
publikasi karya tulis ilmiah. Kita bisa menjadi pemimpin di bidang iptek jika
kita, terutama kalangan pendidikan dan industri, bertumpu pada kegiatan
penelitian.
Sumber:
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/risetbisnis_pdf/03_bab_1_pendahuluan.pdf
0 Response to "IPTEK"
Posting Komentar