Latest Updates

IPTEK

PENGETAHUAN LINGKUNGAN

PENGERTIAN IPTEK


Ilmu, Pengetahuan, dan Teknologi (Iptek) merupakan istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan masyarakat di segala bidang kehidupan tidak terlepas dari keberadaan iptek. Secara umum ada anggapan bahwa penguasan dan penerapan iptek akan memberikan jaminan pada kemajuan masyarakat. Memang masih ada perdebatan mengenai fungsi dan peranan iptek dalam mensejahterakan masyarakat ditinjau dari aspek ekonomi, sosial, budaya, dan aspek-aspek kehidupan lainnya. Terlepas dari perdebatan tersebut, kita yang terlibat di dunia pendidikan selalu berurusan dengan iptek. Proses pendidikan selalu diorientasikan pada penguasaan iptek. Proses pendidikan dikatakan maju dan berhasil jika kita bisa memberikan sumbangan terhadap perkembangan iptek. Sebelum mengetahui bagaimana iptek tersebut bisa berkembang, kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian dasar dari iptek.

Pengetahuan, ilmu, dan teknologi sebenarnya bisa digunakan secara terpisah tetapi kita biasanya mengalami kesulitan untuk memisahkan pengertian ketiga istilah tersebut secara tegas. Pengetahuan (knowledge) adalah segala sesuatu yang ditangkap melalui pancaindera sehingga terbentuk persepsi dan konsepsi dalam pikiran manusia. Jika pengetahuan tersebut disusun secara sistematis sehingga membentuk jalinan hubungan diantara komponen-komponennya, maka pengetahuan tersebut disebut pengetahuan ilmiah atau ilmu (science). Jadi ilmu merupakan bagian dari pengetahuan tetapi pengetahuan belum tentu merupakan ilmu. Teknologi (technology) merupakan istilah yang relatif populer dan banyak dibicarakan dewasa ini. Kedua pengertian tersebut sering digunakan dalam satu kesatuan sebagai ilmu dan teknologi (science and technology) yang tidak terpisahkan. Memang masih menjadi bahan perdebatan dalam mengartikan kedua istilah tersebut. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa kedua istilah tersebut seperti kembaran yang sulit dibedakan batas-batas yang jelas diantara keduanya, tetapi beberapa ilmuwan lain berpendapat bahwa kedua istilah tersebut masih bisa dibedakan walaupun relatif sulit untuk dilakukan. Yang jelas kedua istilah tersebut adalah terkait satu sama lain. Gie (1996) menjelaskan perbedaan dan hubungan antara ilmu dan teknologi, seperti terlihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Perbedaan antara ilmu dan teknologi (Gie, 1996)
No
Segi
Ilmu
Pengetahuan
Menurut Kerangka Sistem
1
Tujuan
Mencari Pengetahuan dan Memperoleh Pengetahuan
Menciptakan Barang dan Mengusahakan Perubahan
2
Hasil
Karya Tulis Ilmiah
Barang Teknologis
3
Lingkungan
Kubudayaan Umumnya dan Khususnya Teknologi
Kubudayaan Umumnya dan Khususnya Ilmu
4
Sumber
Pengetahuan yang ada
Berbagai Sumber Alam Manusia dan Pengetahuan
5
Aktifitas
Penelitian
Pembuatan sampai Produksi
6
Kontrol
Berdasarkan Umpan Balik Peralatan Keilmuan
Berdasarkan Umpan Balik Pengetahuan Ilmiah
Diluar Kerangka Sistem
7
Motivasi
Keingintahuan Pengembangan Pengetahuan
Pemanfaatan Pengembangan Produk Baru
8
Fokus
Pemahaman Pengetahuan Dalam Budi
Penggunaan Efektifitas Tindakan
9
Ideal
Kebenaran
Efisiensi
10
Ciri Keluasan
Supranasional
Terikat Keadaan Setempat
11
Status
Penyebarluasan Secara Terbuka
Pendaftaran Sebagai Hak paten
12
Komunikasi
Publikasi Karya Tulis
Pemberitahuan Iklan
Perbedaan-perbedaan diatas menunjukkan bahwa ilmu dan teknologi merupakan dua hal yang berbeda tetapi apakah kedua istilah tersebut saling berhubungan satu sama lain. Para ahlipun masih berdebat mengenai bentuk hubungan tersebut. Secara umum, bentuk hubungan yang mungkin terjadi antara teknologi dan ilmu disajikan pada Gambar 1, yaitu:
1. Teknologi dan ilmu masing-masing berkembang dan mencapai kemajuan sendiri-sendiri tanpa pengaruh penting atau dorongan utama dari pihak lainnya
2.  Teknologi merupakan pihak utama yang mendorong perkembangan ilmu atau membantu kemajuan ilmu
3.   Ilmu merupakan pihak utama yang mendorong perkembangan teknologi atau membantu kemajuan teknologi
4. Teknologi dan ilmu mempunyai saling kaitan dan pengaruh timbal balik yang saling memacu perkembangan dan kemajuan masing-masing
Satu aspek yang digunakan dalam menjelaskan ilmu dan teknologi adalah aktifitas, hasil dan komunikasi ilmu, yang menyebutkan bahwa aktifitas yang dilakukan untuk menghasilkan ilmu adalah penelitian dengan hasil dalam bentuk karya tulis ilmiah yang dikomunikasikan ke masyarakat melalui media publikasi ilmiah. Jadi iptek bisa berkembang pesat, baik dalam hal penemuan, penyebarluasan, atau penerapannya, karena didukung kegiatan penelitian atau melalui pembuatan dan publikasi karya tulis ilmiah. Kita bisa menjadi pemimpin di bidang iptek jika kita, terutama kalangan pendidikan dan industri, bertumpu pada kegiatan penelitian.

Sumber:

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/risetbisnis_pdf/03_bab_1_pendahuluan.pdf

0 Response to "IPTEK"

Posting Komentar