Latest Updates

ILMU SOSIAL DASAR (Masalah Regional)


Pertemuan Menlu ASEAN
Tiga Masalah Regional Jadi Bahasan Utama



LOMBOK--MICOM: Menteri Luar (Menlu) Negeri Marty Natalegawa menyatakan bahwa ASEAN Ministerial Meeting ke-delapan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) membahas tiga masalah regional yang menjadi perhatian bersama. 

"Dalam pertemuan hari ini, setidaknya kami (Menlu ASEAN)  membahas tiga hal yang menjadi perhatian regional dan juga dunia internasional," ujar marty disela-sela AMM, Lombok, Minggu (16/1). 

Tiga hal yang menjadi topik pembahasan dalam acara tersebut adalah perkembangan yang terjadi di Myanmar, kasus Semenanjung Korea masalah Laut China Selatan.  Mengenai perkembangan Myanmar, Marty mengatakan ASEAN menyambut positif atas langkah yang diambil negara tersebut dengan membebaskan pemimpin pro-demokrasi Aung San Suu Kyi November 2010 dan dilaksanakannya pemilihan umun yang demokratif dan terbuka tahun ini. 

"Namun, di samping itu para Menlu juga menggaris bawahi tentang pentingnya mengedepankan pesan rekonsiliasi, pesan dialog, agar Aung San Suu Kyi dan berbagai pihak lainnya di Myanmar bisa menjadi bagian dari usaha perdamaian dan kemajuan di negara tersebut," kata Marty. 

Untuk Semenanjung Korea, Marty mengatakan bahwa para menlu negara ASEAN sepakat mengenai forum utama untuk menyelesaikan masalah ini adalah six-party-talk yang beranggotakan Amerika Serikat, Korea Utara, China, Jepang, Rusia, dan Korea Selatan. 

"Tidak ada yang menyangkal itu. Tidak ada yang mengesampingkan six-party-talk, namun di saat yang sama juga ada kesepahaman bahwa ini adalah masalah yang menyangkut semenanjung korea, membawa dampak secara langsung terhadap kawasan, termasuk kawasan Asia Tenggara," tambah Marty.  

Marty juga memberi contoh atas dampak nyata yang terjadi di negara Asia Tenggara, misalnya dengan adanya permintaan suaka dari Korea Utara melalui negara anggota ASEAN. 

Menyangkut permasalahan Laut China Selatan Marty menegaskan bahwa kesatuan pandangan ASEAN harus digarisbawahi di sini, karena walaupun masalah tersebut hanya menyangkut secara langsung sejumlah negara anggota ASEAN, namun ASEAN tetap memiliki pandangan yang sama.   

Pandangan itu seperti yang tercerminkan dalam Declaration of the Conduct of Parties in South China Sea yang telah dibahas panjang lebar bagaimana strategi ke depan, terutama bagaimana memastikan DOC ini bisa berkembang menjadi Code of Conduct. 

AMM yang di gelar di Lombok pada tanggal 16-17 Januari 2011 ini diadakan sebagai persiapan pembahasan acara yang lebih tinggi, yaitu ASEAN Summit yang rencananya akan di gelar pada bulan Mei tahun ini.





0 Response to "ILMU SOSIAL DASAR (Masalah Regional)"

Posting Komentar